Rabu, 20 November 2013

Trik Photoshop Sederhana


Francesco isan


Langsung saja siapakan objeknya.

        Siapkan Foto anda dan Foto / gambar yang ingin anda edit. Kebetulan saya seorang Romanisti jadi saya mengambil gambar francessco Totti di situs resmi AS Roma di http://www.asroma.it

ini gambarnya :


Francesco Totti


         Kemudian anda pilih gambar atau foto anda yang paling keren dan sesuai dengan pose gambar francessco totti atau gambar yang ingin anda edit. Seperti ini contohnya.

Ayer 2011
 All Right, kita mulai saja langkah-langkah sederhananya.

1. Jalankan Photoshop anda. Di sini saya menggunakan Photoshop CS4.

lembar kerja Photoshop CS4 Portable edition
2. Kemudian anda bisa buka lembar kerja baru atau langsung mendrag gambar Totti ke tab photoshop anda.

drag foto ke jendela Photoshop

3. Setelah gambar Totti Kemudian Gambar atau Foto anda yang akan di edit dengan cara yang sama yaitu mendrag foto anda ke jendela Photoshop.

tampilan setelah drag foto
4.       Selanjutnya potong atau seleksi wajah anda hingga bagian leher dengan menggunakan poligon lasso tool.  Atau tekan L kemudian seleksi. Untuk memudahkan perbesar gambar atau zoom dengan menekan CTRL  dan + .

seleksi dengan Poligon Lasso tool

            Setelah seleksi Selesai Copy atau gandakan hasil seleksi dengan menggunakan CTRL + J. Dan drag gambar atau hasil seleksi tadi ke tab atau frame foto totti dengan menggunakan Move Tool atau tekan V.

Drag dengan Move Tool

5.       Selanjutnya jika foto anda memang sudah sesuai dengan foto yang akan di edit, tidak perlu membalik foto.  Berhubung foto saya menghadap bersebrangan atau menghadap pada arah yang berbeda, jadi kita balik saja fotonya supaya menghadap kea rah yang sama. Dengan menggunakan Menu>Edit>transform>flip horizontal. Sebelumnya jalankan dulu perintah Free transform dengan menekan CTRL + T atau di Menu>Edit>Free transform.


Free Transform Tool dan Transform Tool

6.       Dan seperti di bawah ini hasilnya.


Flip Horizontal

7.       Kemudian perkecil foto anda untuk menyesuaikan dengan kepala Totti dengan kembali menggunakan Free Transform Tool ( ctrl + t ) atau di menu >edit>free transform. Dan perkecil Foto anda dengan menarik salah satu sisi sambil menekan tombola tau Key CTRL agar foto tetap proporsional. JIka Selesai tekan CTRL + ENTER untuk mengakhiri perintah Free transform.

Setelah itu tempatkan pada kepala Totti dengan masih aktifnya Free transform tool, cukup dengan menempatkan cursor di tengah foto dan mendragnya.

Hasil Free Transform

Menempatkan dengan Move Tool

8.       Selanjutnya sesuaikan dengan posisi kepala Totti dengan menggunakan Move Tool atau menekan V. Agar Foto tetap terlihat realistis. Jika sudah dirasa sesuai Tekan CTRL + ENTER.
Menyesuaikan Posisi Kepala
 9.       Untuk lebih membuat seperti layaknya foto kita sendiri perhatikan agar garis mata, telinga, hidung dan mulut di usahakan sejajar, kembali agar foto lebih terlihat realistis. Dengan masih layer 1 aktif , kurangi nilai Opacity menjadi 66dengan Mode Layer Normal.
Menyesuaikan garis wajah
 Setelah anda merasa sesuai kembalikan nilai opacity ke setingan default yaitu 100.

10.       Selanjutnya  non aktifkan layer 1 dengan mengklik tanda mata di sisi kiri layer 1.

MEnonaktifkan Layer 1

11.       Selanjutnya kita seleksi kerah Totti dengan menggunakan Poligon Lasso Tool Atau tekan L dan gandakan dengan CTRL+J. Sebelumnya jangan lupa aktifkan Layer Totti atau layer Background dengan mengkliknya di bagian Gambar.


Seleksi dan Copy Kerah pada Layer Back Ground

12.   Kemudian Drag Layer2 denga mengklik dan menahannya kemudian tempatkan di atas layer1.

Drag Layer
 13.   Kemudian Aktifkan Kembali Layer 1. Gunakan Erase Tool untuk menghapus bagian foto yang tidak penting.

Erase Tool
Untuk memperkecil ukuran erase atau penghapus gunakan tombol  [  pada keyboard  dan tombol  ] untuk memperbesar ukuran penghapus. Setelah itu untuk menghaluskan sambungan di bagian leher saya pergunakan Erase tool juga, hanya dengan Nilai Opacity yang di kurangi.


Erase Tool
14.   Selanjutnya Sesuaikan warna foto kita dengan warna Foto Totti dengan Menekan CTRL+B atau di Menu>Image>Adjustmen>Colour Balance. Dan akan muncul settingan untuk penyesuaian warna.


Colour Balance
Atur Sesuai dengan Keyakinan untuk lebih realistis, atau gunakan Insting anda untuk nilai nilai pada setelan seperti tampilan berikut.




Setelan Colour balance

15.   Selanjutnya Gabungkan Ketiga Layer tadi dengan menekan CTRL + E secara bersamaan.
     
16.   Tahap terakhir adalah menyimpan hasil editan anda menjadi file. Dengan menekan SHIFT+CTRL+S atau dengan mengarahkan Cursor ke Menu>File>Save As dan tentukan jenis file dan resolusi  yang ingin anda gunakan.



Menyimpan Gambar


Memilih Jenis File


Mengatur Resolusi Gambar

This is it the final result. Walaupun belum Sempurna yaaa… lumayan lah…


Francesco Isan

Termasuk Beberapa gambar di bawah yang menggunakan trik serupa.

Shan Lee
Komik
 
My Name Isan
Selamat berkreasi dan semoga bermanfaat.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar