Rabu, 17 Juni 2015

Alur Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor di Kantor Pajak

Assalmualaikum wr wb.

Pada kesempatan kali ini saya akan coba sharing tentang pengalaman saya di kantor pajak kendaraan bermotor (SAMSAT) untuk melakukan pembayaran pajak motor tahunan, perpanjang STNK tahunan. Atau di kalangan masyarakat umum di katakan perpanjang stnk. Langsung di kantor samsat meskipun sudah ada pembayaran pajak secara online di tempat tempat rertentu.

Lain halnya dengan perpanjangan STNK lima tahunan, masyarakat umum menyebut ganti plat nomer, ganti kaleng, atau ganti klomber. Yang sebenarnya pembayaran pajak 5 tahunan yang di dalamnya mencakup pengecekan fisik kendaraan, baik roda dua maupun roda empat.

Di sini saya akan bahas pembayaran pajak 1 tahunan kendaraan roda dua, atau lumrah di sebut perpanjang STNK. Berikut alurnya.

Pertama, siapkan kelengkapan surat-surat kendaraan seperti :
1. STNK tentunya
2. KTP pemilik, dan
3. Buku BPKB.

Khusus untuk poin nomer 3, jika BPKB masih berada di pihak Bank penjamin ( motor kredit yang belum lunas ), maka akan di ganti dengan surat pernyataan dari pihak bank penjamin yang menyatakan bahwa BPKB masih berada di pihak Bank.

Dan jika kita mewakilkan kepada orang lain untuk pembayarannya, maka syarat kelengkapannya di tambah dengan surat kuasa dengan materai enam ribu rupiah.

                  Contoh surat kuasa


Baik, kita lanjutkan. Setelah kita melengkapi persyaratan tadi, kemudian kita isi formulir yang di sediakan di pintu masuk kantor samsat. Kemudian kita isi.


                             

                      Contoh formulir


Setelah kita isi kemudian serahkan ke counter bagian verifikasi atau counter penyerahan formulir. Petugas akan memeriksa dan memberitahukan jika ada kekurangan persyaratannya. Kemudian Kita tinggal tunggu panggilan dari petugas Bagian pendaftaran. Silahkan tunggu dengan sabar. Petugas pendaftaran akan memanggil dan menanyakan kepentingan kita serta meminta untuk menunjukan BPKB yang asli, katakan saja perpanjang STNK dan tunjukan BPKB asli. Tunggu panggilan lagi deh dari petugas Kasir.

            Ruang Tunggu Samsat


Setelah kita membayar berapa pajak yang harus kita bayar, kembali tunggu di ruang tunggu di depan loket penyerahan STNK yang sudah di perbaharui. Sampai sini kita sudah selesai melakukan kewajiban sebagai WNI taat pajak.

Semoga bermanfaat.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar